Hasil Kongres I Biti Boot Timoris


Komposisi Pengurus UNTAS


Pernyataan Politik Kongres I Biti Boot Timoris


 Tawaran Otonomi Khusus Bagi Timor Timur.


 

 

Kamis, 30-08-2001 17:54:50

Xanana Gusmao Menelpon Eurico Gutteres Sebelum Mencoblos Kartu Suara

MANTAN Wakil Panglima Pejuang Pro Integrasi, Eurico Gutteres kembali mengaku ditawari Xanana Gusmao menjadi menteri pertahanan dan keamanan di Timorleste. Hal itu diungkapkannya hari ini di Semarang dihadapan ratusan masyarakat yang sedang melakukan pendaftaran atau registrasi pengungsi warga eks Timor Timur di Jawa Tengah.

"Saya tadi pagi dikontak Xanana Gusmao, sebelum ia berangkat ke tempat Pemilu, tolong Eurico kembalilah (ke Timor Leste- red) posisimu sebagai menteri pertahanan dan keamanan," kata Eurico.

Namun, tawaran calon presiden negeri baru itu ditampiknya. "Saya anak Indonesia, saya tidak bisa mengkhianati Indonesia, saya tidak bisa mengkhianati Merah Putih-ku hanya karena tawaran itu," katanya. Menurut Eurico, biarlah dirinya di Indonesia walau masuk penjara, supaya Xanana mendapatkan kemerdekaan.

"Mudah-mudahan kemerdekaan itu bisa mengantarkan kamu (Xanana - red) ke pintu perdamaian, agar kau bisa tenang hidup dalam kemerdekaan itu," katanya.

Ia menilai pemilihan umum yang berlangsung di Timor Timur, hari ini (30/8) adalah Pemilu yang dipaksakan oleh PBB,
bukan Pemilu yang dikehendaki Timor Timur.

Karena kalau PBB tidak menyelesaikan Pemilu pada hari ini akan menanggung beban yang lebih berat. "PBB akan menanggung malu yang lebih berat dimuka masyarakat internasional," katanya.

Ia mengatakan, bahwa Xanana berjanji akan bertemu Eurico di Jakarta sebelum tanggal 7 September 2001. "Berarti, dia tidak bisa merdeka tanpa Eurico Gutteres. Tidak bisa dong karena kita di sini, ada juga yang di Australia, dan juga di Portugal," katanya.

Menurut dia, yang terjadi nanti adalah reunifikasi, bukan kemerdekaan, dan juga bukan integrasi. "Saya berjuang bukan untuk merebut Timor Timur. Bagi saya Timor Timur tidak ada artinya. kalau kita rebut Timor Timur itu rugi karena tidak ada apa-apa di sana," katanya. [Dh, Ant]

 

Buletin UNTAS

Edisi Pertama

Edisi Kedua

Edisi Ketiga

Edisi Keempat


Aretikel

Registrasi Pengungsi Timor Timur.

Oleh Hukman Reni

"Komoditi" Itu Bernama Pengungsi Timor Timur

Oleh Hukman Reni

Pemulangan Paksa Warga RI Asal Timor- Timur

Oleh: Basilio Dias Araujo